Tips Memasak Ikan Agar Tidak Amis

Dilihat :
January 18, 2016 11:54

Tips Memasak Ikan Agar Tidak Amis

Ikan termasuk bahan makanan yang dipilih karena rasanya yang enak, kandungan proteinnya yang tinggi, dan mudah dicerna. Berbagai varian ikan dapat diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera. Meski begitu, ada sebagian orang merasa enggan mengolah dan mengonsumsi ikan dengan alasan baunya yang amis.

Sebenarnya ikan yang segar dan baru dipanen cenderung tidak berbau amis, tetapi setelah melalui proses penyimpanan selama beberapa hari lamanya, bau amis akan muncul. Namun, hal itu bukan masalah, asalkan daging ikan masih kenyal dan padat, serta kulitnya masih berwarna cerah dan tidak berlendir, ikan masih bagus untuk dikonsumsi.

Rendam dengan air cuka

Setelah dibuang kotoran dan insangnya. Rendam ikan kedalam air yang sudah diberi campuran cuka selama 15-20 menit. Cairan cuka akan membantu mengurangi bau amis pada ikan. Baru kemudian bilas dengan air bersih sebelum dimasak.

Olesi dengan garam dan perasan jeruk nipis/lemon

Setelah dibersihkan kotoran dan insangnya, cucilah ikan pada air mengalir. Kemudian olesi dengan garam dan air perasan jeruk nipis/lemon secara merata ke seluruh bagian tubuh ikan. Garam dan air jeruk dapat menghilangkan bau amis ikan. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bilas sampai bersih dan ikan siap diolah.

Susu segar

Ternyata susu segar juga dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya, setelah ikan dibersihkan kotorannya dan dicuci sampai bersih, rendam ikan kedalam susu segar selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan olah sesuai selera.

Cuci ikan dengan sabun anti bakteri

Sebelum memasak ikan, Anda bisa mencucinya dengan sabun anti bakteri. Selain mampu menghilangkan bau amis, penggunaan sabun anti bakteri juga dapat melindungi ikan dari bakteri sehingga ikan tidak cepat busuk/bau.

Baluri tepung terigu

Terigu juga dapat Anda gunakan untuk meminimalisir bau amis pada ikan. Caranya, cuci ikan sampai bersih, kemudian baluri seluruh tubuh ikan dengan tepung terigu. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih. Ulangi cara tersebut hingga beberapa kali agar bau amis benar-benar hilang.

Rendam dengan air asam jawa

Mau menghilangkan bau amis dengan cepat, gunakan larutan asam jawa. Caranya, setelah ikan dibersihkan kotorannya dna dicuci sampai bersih, Anda dapat merendamnya pada larutan asam jawa hingga 10-15 menit. lalu bilas dengan air bersih dan ikan siap dimasak.

Parutan jahe dan bawang putih

Setelah ikan dibersihkan kotoran dan dicuci sampai bersih, Anda bisa melumuri tubuh ikan dengan parutan jahe dan bawang putih secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu olah ikan sesuai selera.

Gunakan gula pasir

Setelah ikan dibersihkan kotorannya dan dicuci, Anda bisa menaburkan garam pada seluruh bagian ikan. Diamkan sebentar, lalu cuci ikan sampai bersih sebelum diolah.

Tisu dapur

Untuk menghilangkan bau amis ikan, Anda bisa menggunakan tisu dapur. Caranya, setelah ikan bersih dari kotoran dan dicuci bersih, Anda bisa meletakkan ikan diatas tisu. Biarkan tisu menyerap air yang berbau amis pada ikan hingga bau akan hilang dan Anda siap mengolahnya menjadi aneka hidangan yang lezat.

Daftar untuk Menambahkan Komentar Anda